Sabtu, 10 Juli 2010

Arti dari Setiap Gerakan ORHIBA 5

langkah pertama
Mulut dan hidung menghirup udara sebanyak-banyaknya dari alam, kemudian ditaruh/ditekankan pada diafragma dan ditahan. Dirasakan diseluruh badan sehingga menjadi tegang dan bertenaga. Kemudian dikeluarkan dihembuskan dengan kuat sampai udara habis (dengan mengempeskan isi perut dan mengosongkan paru-paru), kemudian langsung menghirup lagi. Usahakan jangan ada jeda, dan mata tetap terbuka (jangan redup).
langkah Kedua
Menghirup udara (zat alam) sebanyak-banyaknya dari Hidung (jangan dari mulut,
mulut terkatup), ditaruh pada paru-paru, kemudian disalurkan (dirasakan mengalir) melewati leher, sampai ke seluruh isi/bagian kepala dan otak kita. Di tahan selama mungkin, baru kemudian nafas dikeluarkan dengan hembusan panjang melalui mulut sampai udara habis (perut kempes diafragma menekan keatas, paru-paru kosong), kemudian langsung menghirup udara lagi melalui hidung. Usahakan jangan ada jeda. Diwaktu menahan nafas kepala dapat diputar dan mata terbuka lebar supaya lebih cepat merasuk ke kepala dan otak kita.
Fungsi:
Menyehatkan paru-paru, jantung, diafragma, saluran pernapasan, mata, hidung, alat-alat suara, tenggorokan, syaraf-syaraf pada leher bagian belakang, kerongkongan, dan syaraf-syaraf di kepala, otak.
Keterangan: Diafragma : terletak diantara paru-paru dan perut / perbatasan wilayah paru-paru dan perut. Waktu berolah raga, rasakan organ-organ tubuh yang terkena dari gerakan. Masing-masing bergerak 24x.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar